QprPJEDNVuyPAruPyPjg_L7zs_k Gerak Parabola | FISIKA CERIA
Home » » Gerak Parabola

Gerak Parabola

Gerak parabola merupakan perpaduan gerak lurus beraturan (GLB) pada arah horizontal dengan gerak lurus berubah beraturan (GLBB) pada arah vertikal. Gerak parabola juga dikenal dengan gerak peluru. Lemparan bola, bola yang ditendang, peluru yang ditembakkan dari senapan, atlet yang melakukan lompat jauh atau lompat tinggi, merupakan contoh gerak parabola. Pada pembahasan ini kita mengabaikan gesekan udara, dan tidak akan memperhitungkan dengan proses bagaimana benda dilemparkan, tetapi hanya memerhatikan geraknya setelah dilempar dan bergerak bebas di udara dengan pengaruh gravitasi semata. Oleh karena itu, percepatan benda tersebut disebabkan oleh percepatan gravitasi (g) yang arahnya ke bawah (menuju pusat Bumi).

Perhatikan Gambar berikut. Sebuah benda mula-mula berada di pusat koordinat, dilemparkan ke atas dengan kecepatan v0 dan sudut elevasi α. Pada arah sumbu x, benda bergerak dengan kecepatan konstan, atau percepatan nol (a = 0), sehingga komponen kecepatan vx mempunyai besar yang sama pada setiap titik lintasan tersebut, yaitu sama dengan nilai awalnya v0x pada sumbu y, benda mengalami percepatan gravitasi g.
Jangkauan maksimumnya (xmaks) dapat kita tentukan sebagai berikut.
Tinggi maksimumnya (ymaks) dapat kita tentukan sebagai berikut.
ymaks dan xmaks masing-masing menyatakan tinggi maksimum dan jangkauan maksimum yang dicapai oleh benda, v0 adalah kecevatan awal benda, g adalah percepatan gravitasi, dan α adalag sudut elevasi.




1 comments:

  1. ya, pelajaran waktu SMA dulu, mungkin paling tidak disukai alias kitanya tidak ngerti dan selalu salah dalam menjawab soal-soal. Sudut berapakah sebuah benda akan mencapai titik terjauh ???

    salam

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan kalimat yang sopan. Terima Kasih atas kunjungan anda.