Home » , » Kooperatif Model Mind Mapping

Kooperatif Model Mind Mapping

KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL MIND MAPPING
BERBANTUAN CD PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR

Ratri Rahayu, Amin Suyitno, Endang Sugiharti
Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam,
Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan pembelajaran kooperatif model mind mapping berbantuan CD pembelajaran terhadaphasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Semarang tahun pelajaran 2011/2012. Populasi dalam penelitian ini adalah pe­serta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Semarang tahun pelajaran 2011/2012 yang berada dalam enam kelas. Sampel diambil secara random sampling. Metode pengumpulan data yang digu­nakan adalah dengan metode dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar matematika dengan pembelajaran mind mapping berbantuan CD pembelajaran lebih baik dari rata-rata hasil belajar matematika dengan pembelajaran direct instruction, hasil belajar peserta didik mencapai KKM, dan proporsi hasil belajar peserta didik yang diajar den­gan pembelajaran mind mapping berbantuan CD pembelajaran yang telah memenuhi KKM lebih baik daripada proporsi hasil belajar peserta didik yang diajar dengan pembelajaran direct instruction. Simpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah pembelajaran mind mapping berbantuan CD pembelajaran lebih efektif daripada pembelajaran matematika dengan direct instruction untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII pada materi pokok teo­rema Pythagoras.
Full Download: PDF

0 comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar dengan kalimat yang sopan. Terima Kasih atas kunjungan anda.